This will pay you dollars just by visit websites..it is callled PTC

LinkGrand.com

Senin, 01 Maret 2010

Kurangnya Ke-ergonomisan Pada Mesin Tik


A. Definisi

Mesin Tik Mesin ketik atau mesin tik adalah mesin, atau alat elektronik dengan sebuah set tombol-tombol yang, apabila ditekan, menyebabkan huruf dicetak pada dokumen, biasanya kertas (wikipedia).

Mesin tik membantu kita dalam membuat naskah, makalah atau mengetik informasi lainnya, tetapi penggunaan mesin tik kurang ergonomis. Hal-hal yang membuat mesin tik kurang ergonomic bagi si pemakai antara lain:

1. Keyboard yang keras. Keyboard yang keras membuat jari-jari juga pergelangan tangan kita cepat pegal. Ketegangan pada tangan ini sangat mengganggu apalagi jika informasi yang kita ketik cukup banyak.

2. Tidak adanya tombol “backspace/penghapus. Jika kita salah mengetik kata atau tanda kita biasanya menggunakan tip x atau di coret, tapi tentu saja hal itu membuat ketikan kita menjadi tidak rapi. Meskipun bisa mengganti kertas lain, tetapi akan memakan banyak waktu untuk mengetik secara ulang.

3. Tidak ada menu bar atau tools bar seperti pada computer. Jika kita mengharapkan ketikan kita cepat selesai, dengan mesin tik kita mungkin butuh kesabaran lebih, karena tidak tersedianya menu yang praktis untuk mengedit format pada ketikan kita seperti yang kita inginkan.

4. Tidak tersedianya program file. Kita tidak bisa menyimpan ketikan kita pada mesin tik, karena mesin tik hanyalah alat yang membantu kita untuk mengetik informasi tapi tidak dapat menyimpan apapun. Dan jika kita ingin memasukan data lain kita harus mengetiknya secara ulang.


Kaitannya Dengan Aspek Psikologis


  • Emosi -> ketidak-ergonomisan yang terdapat pada mesin tik ini dapat membuat seseorang kesulitan dalam melakukan pekerjaannya yang melibatkan alat bantu ketik tersebut. Tidak praktisnya dalam penggunaannya membuat seseorang menjadi cepat lelah. Dan jika seseorang sudah merasa lelah maka kesabarannya pun menurun sehingga mempengaruhinya untuk ber-emosi tinggi.
  • Malas Bekerja-> mesin tik yang cara penggunaannya tidak praktis, membuat kita menjadi enggan untuk menggunakannya. Seseorang menunda pekerjaannya karena malas dengan alat bantu kerjanya yang tidak ergonomic, hal ini juga berdampak pada menurunnya kinerja seorang karyawan- jika suatu kantor tertentu masih memakai mesin tik sebagai alat Bantu ketik informasi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar